Friday, July 13, 2018

PROFIL DESA JAYAPURA

Desa Jayapura merupakan salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Cipanas
Kabupaten Lebak. Terletak kurang lebih antara 310,27 Ha, Secara administratif, wilayah Desa  Jayapura memiliki batas sebagai berikut :

      Sebelah Utara             : Desa Harum Sari Kecamatan Cipanas
      Sebelah Selatan          : Desa Kehutanan Kecamatan Lebak Gedong
      Sebelah Timur             : Desa Giriharja Kecamatan Cipanas
      Sebelah Barat             : Desa Girilaya Kecamatan Cipanas

      Luas wilayah Desa Jayapura adalah 310,27 Ha(437,84 km 2) yang terdiri dari 9,4% berupa pemukiman, 16,8% berupa daratan yang digunakan untuk lahan pertanian, serta 2% berupa lahan budidaya perikanan. Sebagaimana wilayah tropis, Desa Jayapura mengalami musim kemarau dan musim penghujan dalam tiap tahunnya. Rata-rata perbandingan musim penghujan lebih besar daripada musim kemarau, hal itu disebabkan karena wilayah yang masih hijau dengan vegetasi.
      Jarak pusat desa dengan ibu kota kabupaten yang dapat ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 39km. Kondisi prasarana jalan poros desa yang masih berupa jalan konstruksi lapen dengan  kondisi  rusak  parah  mengakibatkan  waktu  tempuh  menggunakan  kendaraan  bermotor mencapai kurang lebih 2,5 jam. Sedangkan jarak pusat desa dengan ibu kota kecamatan yang dapat ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 7km. Kondisi ruas jalan poros desa yang dilalui juga berupa jalan konstruksi lapen dengan kondisi rusak parah mengakibatkan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor mencapai kurang lebih 30 menit.

1 comment:

silahkan berkomentar secara membangun